Tips dan Trik Cara Mudah Mengatasi Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Tips dan Trik Cara Mudah Mengatasi Agar Laptop Tidak Cepat Panas - Selamat pagi semuanya, hari ini saya akan mencoba membagikan beberapa tips dan trik bagaimana mencegah laptop menjadi panas. Banyak sekali pengguna laptop, notebook, netbook, dan gadget lainnya yang mengeluhkan kalau gadgetnya panas. Ups...tunggu dulu, jangan menyalahkan merk laptop anda, karena mungkin ada beberapa hal yang membuat gadget anda menjadi panas. Komponen pada Laptop setiap kali kita gunakan akan menghasilkan panas dan kipas yang ada di laptop akan membantu untuk memindahkan udara panas keluar, agar komponen didalamnya tetap dingin pada temperatur awalnya. Beberapa hal yang dapat mengganggu proses pendinginan ini tentu saja dapat membuat panas cepat terjadi, memaksa kipas akan berputar terus menerus, merusak komponen, dan membatasi kecepatan sebuah laptop.


Sebagai petunjuk pertama, silahkan anda dengar suara dari kipas di Laptop. Jika terdengar suaranya terlalu besar, maka laptop anda tidak berjalan semestinya dan mungkin ada beberapa hal yang menghalangi kipas untuk berjalan sebagaimana mestinya.
Ada beberapa akibat yang terjadi di laptop ketika laptop anda kepanasan, yaitu :
  1. Saat anda bermain game, mungkin terjadi "hang" atau game tidak berjalan.
  2. Windows tidak merespon saat digunakan.
  3. Suara kipas di laptop terdengar lebih keras daripada biasanya, karena ketika panas terlalu cepat terjadi, secara otomatis kipas akan berputar lebih cepat daripada biasanya.
  4. Ketika menghidupkan komputer, terkadang akan terjadi "Black Screen" atau anda tidak akan masuk ke Windows.
  5. Mouse dan keyboard tidak berfungsi.
  6. Windows akan memunculkan kesalahan hardware, yang ditandai dengan Blue Screen of Death (BSOD) 

Sekarang saya akan menjelaskan cara-cara agar laptop tidak panas. Saya akan membagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  1. Hardware
  2. Software

Hardware 
Memastikan ventilasi udara tidak tertutup
Untuk tips awal yang sangat simpel ini, pastikan ventilasi atau vent pada laptop tidak terhalangi oleh objek apapun. Karena akan menghambat laju udara panas yang keluar dari komponen laptop. Untuk itu, singkirkan semua benda yang menghalangi. Selain itu, laptop sangat tidak diperbolehkan untuk digunakan pada tempat-tempat yang empuk, seperti kasur. Karena bahan kasur akan menyerap panas dan juga menutup ventilasi udara, seperti gambar di bawah ini :


Membersihkan ventilasi dengan kompresor
Selanjutnya, kita akan mulai membersihkan ventilasi di laptop. Seperti yang kita ketahui, setiap kali anda menggunakan laptop, maka debu tentu saja akan masuk ke ventilasi dan menghalangi kipas untuk berputar. dan kipas tidak akan bekerja secara optimal. Debu akan menghalangi aliran panas di laptop. Selain itu, debu akan terus menumpuk dan menghalangi kinerja kipas.


Jika ventilasi dan kipas laptop kita sudah banyak kotoran yang menempel, alahkan baiknya kita membersihkan hingga bersih agar sirkulai udara pada kipas laptop kita tidak terhambat lagi. Lakukanlah pembersihan ventilasi dan kipas pada laptop kita secara rutin setiap seminggu sekali agar kotoran pada ventilas atau kipas tidak menumpuk dan menghalangi jalannya sirkulasi udara panas yang keluar. Mintalah bimbingan dari orang yang sudah mahir dalam membongkar laptop, agar nantinya tidak terjadi masalah ketika proses membongkarnya. Selain itu anda juga dapat membawa langsung ke tempat reparasi laptop.


Thermal Paste Mengering
Kita tahu bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada laptop adalah pada bagian processor. Nah biasanya pada bagian atas processor tersebut diberi semacam gelyang disebut “Thermal Pasteyang” betujuan untuk mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.  Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang cukup lama, lama – kelamaan “Thermal Pasteyang” akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor itu sendiri dan mengakibatkan cepatnya panas pada laptop yang kita gunakan. Kinerja dari processor yang terus – menerus menyebabkan panas menumpuk dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. Padahal thermal paste digunakan sebagai penghatar keluarnya panas dari chip processor.  Jika sudah seperti ini alangkah baiknya kita menambahkan “Thermal Pasteyang” secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik.


Menggunakan Cooling Pad
Cooling pad merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop. Fungsinya adalah mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, agar sirkulasi udaranya menjadi lancar. Tepai perlu diingat, cooling pad juga dapat membawa dampak negative kalau kita tidak benar dalam pemakaiannya. Misalnya adalah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor. Nah supaya tidak membawa dampak negative usahakan membersihkan cooling pad dari debu- debu yang menempel secara berkala. Dan juga perlu di perhatikan, kadang ada laptop yang menempatkan sirkulasi udaranya di bawah monitor.


Bisa juga  menggunakan vacuum cooler dengan desain produk yang sederhana, berbentuk persegi panjang yang memiliki dua ventilasi keluar masuk udara. Jadi, cara kerja vacuum cooler adalah membantu fan laptop mengeluarkan udara panas dari dalam laptop keluar. Kalau anda pernah membongkar laptop sampai melepas motherboard, diatas slotprocessor terdapat semacam pipa penghubung yang berakhir pada fan. Seperti yang kita tahu, processor merupakan sumber utama panas laptop, jadi kalau kerja fan dapat dioptimalkan, maka suhu laptop pasti turun drastis. Oleh karena itu, vacuum cooler cocok banget buat kamu yang sering memakai laptop pol-polan, apalagi yang sering dibuat main game.



Perhatikan lingkungan sekitar
Dimanakah anda menggunakan laptop? Jika anda berada di ruangan ber-AC, maka anda tidak perlu khawatir dengan laptop anda. Jika anda menggunakannya diluar dengan matahari yang terik? Sebaiknya, anda harus menghilangkan kebiasaan itu karena akan menambah panas di laptop anda. Selalu perhatikan tempat anda menggunakan laptop, termasuk intensitas debu di lingkungan anda. Usahakan menggunakan laptop pada lingkungan yang bersih.


Software
Tutup program yang tidak anda digunakan
Ya, semua program yang berjalan di komputer anda tetap menggunakan hardware untuk bekerja. Tentu saja, semakin banyak program yang anda gunakan, komputer akan bekerja lebih keras dan akan menghasilkan panas yang berlebih. Menutup program yang tidak digunakan sangatlah membantu untuk mengurangi panas di komputer.



Selain itu, program yang ada di "tray" atau dibackgroun juga menggunakan resource komputer anda untuk tetap berjalan. Untuk itu, menutup program yang ada dibackground akan membantu meringankan kinerja komputer.



Mengatur Power Plan
Pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8, Microsoft memperkenalkan fitur 'Power Plan' agar kita dapat mengatur penggunaan hardware dan konsumsi energi. Pastikan power plan yang anda gunakan sesuai dengan keadaan. Jika anda hanya menggunakan komputer untuk browsing internet, merubahnya ke 'Power Saver'. Cara mengakses Power Plan adalah dengan mengklik Start (Buka Start Screen jika menggunakan Windows 8) dan ketik 'Power Plan' dan tekan enter, lalu ubahlah ke mode 'Power Saver'.



Selain itu, dengan memilih power saver, konsumsi energi akan diminimalkan, sehingga komputer anda tidak akan terlalu panas. Anda juga dapat mengakses Power Plan dari tray di taskbar.



Kesimpulan
Menjaga komputer anda agar tidak panas merupakan salah satu cara untuk memperpanjang masa pakai komputer anda. Jika anda menggunakan laptop sudah dalam waktu lama dan digunakan terus – menerus untuk kerja berat seperti bermain games ataupun mengedit foto atau video lebih baik anda istirahatkan dulu. Seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat setelah bekerja lama. Istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nanti kira pergunakan kembali. Istirahatkan dalam hal ini harus dimatikan total atau kalau bisa di masukkan lemari pendingin pun tidak apa-apa biar beku sekalian. Akhir kata, semoga artikel hari ini dapat bermanfaat bagi pembaca. (windowsku)

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami tentang Komputer dan Internet. Serta sebagai sarana media pembelajaran untuk anda semua.

81 komentar

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://rentallaptopdimalang.blogspot.com

manteb sangat maz..
musti rajin emang klo bersiin fan itu dah..

gan misalnya cara diatas sudah dijalankan dan laptop juga sudah bersih, tp masih tetep panas. ada solusi??

Thx infonya semoga bermanfaat !!
by:http://infoinfogames.blogspot.co.id/

Gan kalo Ventilasi pada laptop ditiup apa gk malah masuk ke delam??? apakah bisa memebersihkan debu juga???

siip...
http://www.ajibayustore.blogspot.com

nice gan terima kasih atas sarannya

nice gan terima kasih atas sarannya

blog walking dan tiba disini. mantap infonya, makasih banyak.. mampir dong ke blog saya juga gan. salam kenal dari blogger pemula.

isengiseng cari cara buat laptop saya eh ada cara nya di blog ini. Terima kasih gan

artikelnya bagus mas..

erlanmagic.blogspot.com

Service Laptop Panggilan

Laptop anda bermasalah? Kena virus
Sering hang,atau tidak bisa masuk windows?
Jika anda sibuk dan tidak punya cukup waktu
untuk membawa ke reparasi laptop. Cukup
hubungi kami. maka kami akan ketempat anda.


Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :

1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. LCD Pecah
2. Engsel Patah
3. Tidak Tampil
4. Mati Total
5. Keyboard Error
6. kepanasan
7. Sering Mati-Mati
8. Tidak Bisa Charging

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://http://www.mataharikomputer.com/laptop.html

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://servislaptopdisurabaya.blogspot.co.id/

Thanks for your information, I also have some information for you, click/Copy url bellow
http://st3telkom.ac.id

Sama-sama bro
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama mbak
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama mbak.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama mbak
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Biasanya itu dikarenakan overheating pada laptopnya bro. 1. Bisa di cek darimana panasnya berasal, apakah ada udara panas yang keluar dari laptop yang berarti kipas pendingin mati atau menyala tapi dengan kekuatan lemah. Jika kipas pendinginnya melemah atau tidak berfungsi dengan benar sama sekali kita harus menggantinya.
2. Bisa juga dari laptop baterai yang selalu mencharger dan tidak pernah melepasnya, alangkah baiknya jika laptop baterai di lepaskan karena ini akan dapat mengurangi panas yang berlebihan dari baterai kelaptop.

Jika baterai sudah di lepas dan kipas sudah di bersihkan tetapi masih terasa panas. maka mungkin ada kotoran di hard disk atau hard drive yang bisa menyebabkan panas. Coba di bersihkan di daerah hard drive dan ruang RAM slot dari kotoran yang mungkin menyebabkan panas. Kurangi beban kerja pada CPU (Cara termudah menggunakan windows task manager, melalui CTRL+ALT+DEL) anda bisa load task manager dan cek CUP usage setiap program yang running di background dan disable program yang tidak perlu ataupun bisa mematikan semua start-up program yang tidak di inginkan.

Bisa bro.
Di tiup secara berkala dalam keadaan laptop menyala dan depo yang menempel pada kipas akan keluar.

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)


Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)


Terima kasih atas kunjungannya :)


Terima kasih mas atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sama-sama bro.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rekomendasi 2016:
NAGAQQ.COM | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK
Readmore:
http://www.idblogpedia.com/nagaqq-com-agen-bandarq-bandarq-online-aduq-online-dominoqq-terbaik/

PROMO FREECHIP NEW MEMBER. KLAIM DI LIVECHAT!!

Domino 99 | Domino QQ | Poker | BandarQ Online Terpercaya
http://onebetqq.com
Domino 99 - Domino QQ - Poker - BandarQ Online Terpercaya

Info Lebih Lanjut Bisa Hub :
YM1 : onebetqq@yahoo.com
BBM: 2B389195

Sebenarnya tidak masalah dengan apa yang terjadi, tetapi menurut saya informasi seputar [http://carajitubray.blogspot.com/2014/08/tips-dan-trik-cara-mengatasi-agar.html]
sangat bermanfaat.


Domino qq | Dominoqq Online | Agen Bandar Q | BandarQ Online | mejaqq.com

Terima kasih atas kunjungannya :)

Artikel sangat bermanfaat Gan :) Namun perlu juga melakukan cara Memaksimalkan Performance Laptop agar Laptop tetap terjaga dari panas dan seperti baru tentunya.

Bagaimana ceritanya laptopnya bisa meledak gan? Di apain aja itu laptopnya sampai bisa meledak begitu.

Sungguh informasi yang sangat bagus, semoga tetap update terus min..
terima kasih

Service computer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696

Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com

mantap...thx banget infonya... udah lama gk bersihin netbook nya nih....

bang laptop saya kan pembuangan udra pns nya di bwh monitor, trus sya pake cooling pad, itu gimana ya, bhya gk? tolong di balas y penting banget ni

MejakuQQ kini hadir kartu lebih bagus bersahabat dan
server lebih cepat. Semua pasti bisa menang disini...

Dengan aplikasi PokerV terkenal se-Asia no admin no
robot serta fair play member vs member.

MEJAKUQQ.COM KINI TERSEDIA GAME TERBARU DAN TERHOT :
SAKONG (NEW/HOT)

1 username bisa main 7 games langsung : Poker, Bandar
Poker, Domino99, BandarQ, AduQ, Capsa Susun, SAKONG
(HOT/NEW).

Aktif 6 Bank lokal : BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon,
CIMB Niaga.

Serta nikmati keuntungan besar dan kemenangan
bergabung dan bermain kartu bersama kami bossku.

Kunjungi dan lihat list kemenangan member-member kami
update FACEBOOK & TWITTER MEJAQQ.

Tersedia banyak bonus terbesar dan tergilaa yaa
bossku... :*
Minimal depo hanya 20.000 saja dan meja terkecil 2.000
saja di game Domino99.

Kami melayani LIVECHAT dengan CS terlatih
berpengalaman yang profesional, responsive, teramah,
dan tercepat akan dipandu sampai bisa bermain poker
domino online yang sangat menarik dan mengasyikan
tentunya.

Ditunggu meja permainannya bossku di http://MejakuQQ.com
PIN BBM : 2B2E840A
NO HP : +85515620767
EMAIL : mejaqq@yahoo.com
Fanpage : https://www.facebook.com/mejaqqno1/
Fanpage : https://www.facebook.com/mejakuqq/
Blogspot : http://mejakiukiu.blogspot.com/
Blogspot : http://serverpokeronline.com

terima kasih ka info nya :) sangat membantu sekali
sewalaptop.id

mantap mas artikelnya, saya sangat terbantu dan bermanfaat. izin nyedot ilmunya min

Terimakasih atas ilmunya, semoga jd amalnya

keren artikelnya min..

http://www.ac3h.com
http://www.aceh303.com
http://www.aceh4d.com
http://www.togelaceh.com
http://www.acehpoker.org
http://www.acehpoker.net
http://www.acehbola.com
http://www.acehpoker.co
http://www.acehpoker.online
http://www.acehpoker.info

Kalo procinya lemah ujung ujungnya kebakar gan buat run program berat
Game Android
Informasi Terbaru

PemainBandarQ Agen Poker dan Domino Terpercaya dan Terbesar se-Indonesia

Yuk Join sekarang di PemainBandarQ!! Disini kami menyediakan 7 permainan terbaik se-Indonesia.
Dengan Minimal DEPO&WD hanya Rp. 15.000,-. Anda bisa memenangkan sampai PULUHAN JUTA rupiah.

Dengan 1 User ID anda bisa akses ke 7 permainan:
*Poker
*AduQ
*DominoQQ
*BandarQ
*BandarPoker
*BandarSakong
*CapsaSusun

Nikmati juga bonus yang kami sediakan, diantaranya :
-Bonus TurnOver Sebesar 0.5% Yang dibagikan seminggu sekali , di Hari Senin
-Bonus Referral Seumur Hidup sebesar 20%

Untuk mempermudah transaksi member, Kami menyediakan 6 Bank Terbaik se- Indonesia : BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon dan CIMB

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi Customer Service kami di :
PIN BBM : 2BF939F6
SKYPE : PemainBandarQ
Facebook : www.facebook.com/livia.zng
Twitter : @Pemainbandarq

Terimakasih kak, Tips dan Triknya sangat membantu saya dan bermanfaat untuk menambah wawasan. Ditungggu updatean selanjutnya kak:)

Kunjungi Blog saya ya di
http://aurelliafemilya.blogspot.com/

Dan Kunjungi juga
http://www.atmaluhur.ac.id/

18TOGEL Bandar Taruhan Judi Togel Online
http://18togel.top


Okepoker88 Agen Poker Online terpercaya
http://okepoker88.com

raja88poker agen domoniqq dan bandarq terbesar dan terpercaya
http://raja88poker.com


18hoki agen casino sportsbook slot dan casino online indonesia
http://18hoki.com

Serverpokeronline situs review poker terbaik
http://serverpokeronline.com

Ayoo Gabung Di Situs SAHABATPOKER
Rasakan sensasi kemenangan luar binazaa...

Yukk.. Buruan Mainkan gamenya, Jadilah Pemenang dalam situs Favorite Anda
Nikmati 9 Game Dengan Kualitas Terbaik Di Asia Hanya Di Situs Sahabatpoker:
* Poker
* Capsa susun
* DominoQ
* AduQ
* BandarQ
* Bandar poker
* Sakong Online
* Bandar66
* Perang Baccarat ( NEW )

Promo Yang Berlaku Saat ini:
=> Bonus Refferal 15% + 5%
=> CashBack : 0,5% ( SETIAP MINGGU )
=> Minimal Depo Rp. 20.000,-
=> Minimal WD Rp. 20.000,-

Pelayanan dan Sistem Di Situs Sahabatpoker :
=> 100% Member Asli
=> Pelayanan DP & WD 24 jam
=> Livechat Kami 24 Jam Online
=> Bisa Dimainkan Di Hp Android & IOS
Kartu Bagus, Boleh Banding , Service Boleh Tanding !!!

Akses Dengan Link Resmi :
* kotakslot.net
* kotakslot.info

<< Contact_Us >>
* Website : SAHABATPOKER
* Instagram : cs_sahabatpoker
* vk.c0m : Bandarq Terbaik Di Asia
* Line : sahabatpoker
* WhatsApp : Sahabatpoker
* DAFTAR SAHABATPOKER : DaftarSahabatPoker

E9630
----
----
matadorbet
----
----
----
----
----
----

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
EmoticonEmoticon