16 Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

CaraJituBray - Mungkin sering kita jumpai salah satu masalah yang sering timbul dari laptop adalah baterai yang cepat rusak. Hampir dari beberapa laptop yang selalu bermasalah dengan baterainya dari masalah baterainya yang tidak bisa mengisi ulang, baterai cepat panas, cepat habis daya (Drop) dan masih banyak lagi. Maka dari itu kita wajib menjaga dan merawat agar baterai laptop milik kita memiliki umur panjang dan selalu dalam keadaan baik. 

Karena setiap orang pasti menginginkan semua barang yang telah dimilikinya selalu awet dan terjaga. Sama seperti manusia, baterai laptop juga punya umur atau masa pakai. Tidak mungkin baterai laptop Anda akan berfungsi selamanya, karena cepat atau lambat baterai pada akhirnya akan rusak. Kali ini saya akan memberikan info untuk anda, tentang Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

16 Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama
Tips Cara Merawat Baterai Laptop

Di bawah ini beberapa tips singkat bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar tetap awet dan tahan lama. Tentunya akan membuat anda merasa nyaman selama anda menggunakannya. Berikut ini beberapa tips cara merawat baterai laptop yang benar agar tetap awet dan tahan lama :
  • Saat Pertama kali membeli laptop charge baterai Sekitar 8 - 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama lama, sebaiknya di charge terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Sebelum baterai habis dan laptop mati, segera charge baterai tersebut sampai penuh. Kabar baiknya, laptop-laptop masa kini umumnya sudah dirancang untuk mati sebelum baterai kosong. Windows Vista dan Windows 7 juga punya settingan untuk ini, yaitu di bagian Power Options.
  • Hindari suhu ekstrem karna suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Jangan pernah menaruh laptop di atas bantal, apalagi jika ventilasi laptop berada di bawah. Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum dibersihkan. Jangan pula membiarkan laptop terpapar sinar matahari langsung.
  • Istirahatkan baterai jika ingin memakai laptop dalam waktu lama dengan listrik dan sebaiknya lepaskan baterai. Jika tidak, Anda akan bolak balik mengisi baterai dan ini akan membuat baterai lebih cepat rusak. Sebelum melepas baterai, usahakan baterai sudah terisi penuh (atau setidaknya tidak kosong).
  • Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan pula membiarkan baterai Anda mengganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali pakailah baterai tersebut agar ia tidak kehilangan kapasitasnya. Selain itu, jangan melepaskan baterai saat komputer sedang menyala (meski dalam mode standby atau sleep mode). Karena cara itu dapat membuat sistem di laptop menjadi crash dan merusak hardware, jadi cabut/pasanglah baterai ketika laptop sudah benar-benar dalam keaadan mati atau hibernate.
  • Jangan biarkan baterai sampai kosong, terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Jika dilakukan sekali atau dua kali tidak masalah, baterai tidak akan langsung rusak. Namun efek kumulatifnya yang akan memperpendek umur baterai. (mungkin ini yang menyebabkan baterai laptop saya jebol, karena ini yang paling sering baterai saya alami).
  • Redupkan layar karna perlu diketahui bahwa semakin terang layar Anda, maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Atur brightness layar laptop Anda ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan Anda tetap nyaman melihatnya.
  • Matikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan karena perangkat ini banyak mengkonsumsi daya. Matikan pula sound system laptop jika tidak dipakai, selain menghemat listrik, juga agar tidak mengganggu orang lain yang berada di sekitar Anda. Serta cabut perangkat lainnya yang tidak dibutuhkan seperti flashdisk. Bursa Bola
  • Hindari kerja multitasking usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi.
  • Hindari aktivitas multimedia seperti mendengarkan musik atau menonton video lewat DVD karena aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin ditonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton (PC World/internetsehat/DOR).
  • Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%.
  • Jangan sampai baterai terkena air, semua barang elektronik pun dilarang untuk berhubungan langsung dengan air. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti.
  • Kalau laptop sering di hidup-matikan, sebaiknya gunakan mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.
  • Gunakan power management pada control panel. Setting kecerahan di bawah 50% atau bisa langsung dengan menekan Fn + left button keyboard. Jangan menggunakan screen saver yang lebay, gunakan blank saja.
  • Selalu gunakan baterai dan charger original. Bagaimanapun yang original lebih baik.
  • Jika menggunakan baterai tanpa di-charger, usahakan jangan atau hindari bermain game, film, atau software-software yang berat.

Sebenarnya sangat mudah bukan cara merawat baterai laptop kita agar awet dan tahan lama. Bagi anda yang ingin menjaga baterai laptop anda, mungkin anda harus memperhatikan beberapa point yang telah saya sebutkan di atas. Demikian beberapa Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami tentang Komputer dan Internet. Serta sebagai sarana media pembelajaran untuk anda semua.

14 komentar

Nice blogging. For more info click the below link

LatestLaptop

Laptop saya baterainya cepat habis mas, baru isi penuh dipake sebentar langsung drop. Apakah itu berarti baterainya sudah rusak yah?

berapa jam di pake mas...kok langsung cepat habis

paling lama setengah jam, mas... setelah itu harus di charge kembali.

Ditunggu Cara Jitu yang lainnya ya mas Bray, hehe...

Mantap artikel ini.. ditunggu update selanjutnya gan.

Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
selengkapnya klik-> http://bocorantogelsingapura59.blogspot.co.id/

bisa di coba nih tipsnya.. biar awet batre lepi nya ihih

video 18+ http://koleksidewasa.com/

cerita dewasa http://ceritagairah.club/

main bandar sakong http://mainbandarsakong.com/

bandarq http://hokibandarq.net

Apakah ada solusi jika laptop ingin dipakai untuk main game selama berjam-jam, apakah baterai laptop harus di copot atau tetap di pasang saja ????

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Artikel bagus ini bermanfat sekali

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-bawal/

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
EmoticonEmoticon